Rabu, 15 Juni 2016

Komponen Bergerak Pada Mesin Motor (2)

TEKNOLOGI DUNIAKU

Apa Yang Disebut Komponen Bergerak Pada Mesin Motor ? (2)


Menyambung artikel sebelumnye mengenai komponen bergerak pada mesin motor anda, silahkan baca kelanjutannya dibawah ini ya


7. Katup Dan Mekanismenya











Katup  hanya  terdapat  pada  motor  empat  langkah,  sedangkan motor  dua  langkah  umumnya tidak  memakai  katup.  Katup  pada  motor empat  langkah  terpasang  pada  kepala  silinder.  Tugas katup  untuk membuka  dan  menutup  ruang  bakar.  Setiap  silinder  dilengkapi  dengan dua  jenis katup  (isap  dan  buang)  Pembukaan  dan  penutupan  kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros cam (camshaft).

Katup digerakkan oleh mekanisme katup, yang terdiri atas:
· Poros cam
· Batang penekan
· Pegas penutup
· Rol baut penyetel

Berbagai    jenis    katup    dapat    pula    dibedakan    dari    cara penempatannya  pada  kepala silinder.  Inovasi  mesin  sepeda  motor dilakukan  untuk  mengantisipasi  kecepatan  tinggi, penambahan  tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Ada tiga macam inovasi katup dari  segi  penempatannya,  yaitu  Katup  Samping  (Side-Valve), Overhead-Valve (OHV) dan Single Overhead Camshaft (SOHC).
Mengenai inovasi penempatan katup ini akan saya ulas pada artikel berikutnya

8. Camshaft 











Camshaft adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin untuk menjalankan  poppet  valve.  Dia terdiri  dari  batangan  silinder.  Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar.

Hubungan  antara  perputaran  camshaft  dengan  perputaran  poros engkol  sangat  penting.  Karena katup  mengontrol  aliran  masukan  bahan bakar dan pengeluarannya, mereka harus dibuka dan ditutup pada saat yang   tepat   selama   langkah   piston.  

Untuk   alasan   ini,   camshaft dihubungkan  dengan  crankshaft  secara  langsung  (melalui mekanisme gear)  atau  secara  tidak  langsung  melalui  rantai  yang  disebut  ”rantai waktu” (timing gear).

9. Rantai Cam dan peregangannya













Rantai camshaft sepeda motor harus dipasang dengan tegangan yang  cukup.  Rantai  camshaft  yang terlalu  tegang  akan  menimbulkan bunyi   mendesing   terutama   pada   putaran   tinggi   sedangkan rantai camshaft  yang  terlalu  kendor  akan  menimbulkan  suara  berisik.  Untuk menyetelnya     harus     diperhatikan     terlebih     dahulu     mekanisme penyetelannya.  Cara  penyetelan  rantai camshaft  untuk  setiap  sepeda motor tidak sama.

Agar pembukaan katup-katup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar maka mekanisme pembukaan dan penutupan katup-katup tersebut  digerakkan  oleh  putaran  poros  engkol.  Ada  tiga  macam mekanisme penggerak katup, yaitu dengan batang pendorong, roda gigi, dan rantai (rantai camshaft).

Jika  kekencangan  rantai  berubah-ubah,  akan  berpengaruh  pada putaran  mesin,  valve  timing atau saat  pengapian  akan  berubah-ubah pula.  Untuk  menghasilkan  setelan  rantai  yang  standar, ada  3 tipe penyetelan rantai:

1. Tipe penyetelan manual

Tipe  ini  memerlukan  penyetelan  kekencangan  secara  berkala. Cara penyetelan dengan menekan batang penekan

2. Tipe penyetelan otomatis

Jika rantai mengalami kekendoran, maka secara otomatis batang penekan  akan  menekan  chain guide  (karet),  karena  adanya  per penekan.  Karet  akan  melengkung,  dan  akan  menekan  rantai sehingga   rantai   mengalami   ketegangan.   Selanjutnya   batang penekan yang berbentuk rachet bergerak searah dan tidak dapat kembali. 

3. Tipe semi otomatis

Ketegangan  rantai  secara  otomatis  menyetel  sendiri,  jika  baut pengunci dilepas, sehingga batang penekan akan masuk kedalam karena tekanan per.

Inilah yang disebut komponen bergerak pada mesin motor anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga dapat bermanfaat bagi anda. Ditunggu komentarnya ya 








0 comments:

Posting Komentar