Selasa, 14 Juni 2016

Komponen Bergerak Pada Mesin Motor (1)

TEKNOLOGI DUNIAKU



Jenis komponen pada mesin sepeda motor ada 2 , yakni komponen bergerak dan tidak bergerak. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai komponen bergerak pada mesin sepeda motor, Apa sih yang disebut dengan komponen bergerak ini, silahkan baca selengkapnya dibawah ini ya



Komponen bergerak pada mesin motor



Komponen bergerak pada mesin motor adalah komponen mesin yang bergerak jika mesin motor dihidupkan. Komponen yang bergerak itu tidak termasuk kedalam sistem pendinginan, pelumasan dan bahan bakar.


Komponen bergerak ini terdiri dari :

1. Piston













Piston mempunyai bentuk  seperti  silinder.  Bekerja  dan  bergerak secara translasi (gerak bolak-balik)  di dalam silinder. Piston merupakan sumbu  geser  yang  terpasang  presisi  di  dalam  sebuah silinder. Dengan tujuan, baik untuk mengubah volume dari tabung, menekan fluida dalam silinder, membuka-tutup jalur aliran atau pun kombinasi semua itu.

Piston terdorong    sebagai    akibat    dari    ekspansi    tekanan   sebagai    hasil pembakaran.  Piston selalu  menerima  temperatur  dan tekanan  yang tinggi,  bergerak  dengan  kecepatan  tinggi  dan terus menerus.


2. Piston Ring











Piston  terdiri  dari  piston,  ring  piston  dan  batang  piston.  Setiap piston dilengkapi lebih dari satu buah ring piston. Ring tersebut terpasang longgar pada alur ring. ring piston dibedakan atas dua macam yaitu:

a.Ring Kompresi, jumlahnya satu, atau dua dan untuk motor-motor yang  lebih  besar  lebih  dari dua.  Fungsinya  untuk  merapatkan antara  piston  dengan  dinding  silinder  sehingga  tidak  terjadi kebocoran pada waktu kompresi.
b.Ring  oli,  dipasang  pada  deretan  bagian  bawah  dan  bentuknya sedemikian  rupa  sehingga dengan  mudah  membawa  minyak pelumas untuk melumasi dinding silinder.


3. Connecting Rod











Batang  piston  sering  juga  disebut dengan setang piston, ia berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol. Dimana  gerak bolak-balik  piston  dalam  ruang  silinder  diteruskan  oleh batang  piston  menjadi  gerak  putaran (rotary)  pada  poros  engkol.  Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar..

4. Piston Pin














Pin  piston  berfungsi  untuk  mengikat  piston  terhadap  batang  piston. Selain  itu,  pin  piston  juga berfungsi  sebagai  pemindah  tenaga  dari piston  ke  batang  piston  agar  gerak  bolak-balik  dari piston  dapat  diubah menjadi gerak berputar pada poros engkol. Walaupun ringan bentuknya tetapi pin  piston  dibuat  dari  bahan  baja sebagai paduan  yang  bermutu  tinggi agar tahan terhadap beban yang sangat besar.

5. Crank Shaft














Dari batang piston gerakan diteruskan ke poros engkol. Oleh poros engkol gerak lurus bolak balik tersebut diubah menjadi gerak putar. Putaran poros engkol  tersebut  tidaklah  merata  karena  pada saat  piston  bergerak  ke  atas putaran  poros  engkol  mengalami  perlambatan  yaitu  pada  saat langkah buang dan langkah kompresi. 

Fungsi  poros  engkol  adalah  mengubah  gerakan  piston  menjadi gerakan putar (mesin) dan meneruskan gaya kopel (momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga sampai ke roda.

Poros  engkol  umumnya  ditahan  dengan  bantalan  luncur  yang ditetapkan  pada  ruang  engkol. Bantalan  poros  engkol  biasa  disebut bantalan utama.

Jenis poros engkol yang dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah:
a.Jenis built up digunakan pada motor jenis kecil yang mempunyai jumlah silinder satu atau dua.
b.Jenis  ”one  piece”, digunakan  pada  motor  jenis  besar  yang mempunyai jumlah silinder banyak.

6. Flywheel














Fungsi dari flywheel (roda penerus ) adalah utuk menyimpan gaya lembam sehingga mesin dapat melaksanakan langkah buang, isap dan kompresi dengan tenaga yang cukup besar.

Masih ada beberapa komponen bergerak pada mesin sepeda motor lainnya, tetapi akan saya bahas pada artikel berikutnya. 

Terima kasih sudah membaca artikel, semoga dapat menambah wawasan anda tentang apa isi dari mesin motor anda. Ditunggu komentarnya ya ..





4 komentar: