Selasa, 24 Mei 2016

Check CDI

TEKNOLOGI DUNIAKU



Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah CDI. Apa itu CDI ? Melalu artikel kali ini, saya akan memberikan apa arti dari CDI dan cara melakukan pengecheckan pada CDI motor anda. Silahkan dibaca dibawah ini :


CDI

CDI adalah singkatan dari Capasitor Discharge Ignition yang merupakan alat elektronik pada motor, berfungsi untuk mengatur waktu pengapian sepeda motor. CDI menyimpan  arus listrik yang dihasilkan oleh oleh spul dan selanjutnya melentikkannya ke coil setelah mendapat signal dari pulser.

Jika sepeda motor tiba-tiba mogok dijalan ketika mesin anda mengalami overhear (panas berlebihan), mungkin saja CDI anda sudah rusak. Ada cara mudah untuk melakukan pengecheckan pada CDI yang bisa anda lakukan tanpa harus membawa motor anda ke bengkel.

Pertama-tama sebelum anda melakukan proses pengecheckan CDI, anda boleh memulai dengan memeriksa busi motor anda. Caranya adalah lepas dahulu busi dan dekatkan ke body mesin. Setelah itu coba motor dihidupkan dengan menggunakan kick starter, perhatikan apakah ada percikan api.  
Apabila tidak ada percikan api, coba ganti dengan busi yang baru. Setelah itu hidupkan kembali motor anda dengan cara yang sama seperti di atas.

Apabila ada percikan api, bearti busi motor anda masih bagus. Sekarang anda bisa melanjutkan pengcheckan ke CDI.

Sediakan alat Multitester, jika anda tidak tahu apa itu multitester, saya akan memberikan gambarnya dibawah ini : 

multitester

Pertama anda harus mencheck dahulu ada tidaknya arus listrik pada kabel yang mengarah kecoil, ketika motor dihidupkan. Sambungkan kabel merah (-) ke kabel CDI yang mengarah ke coil, sedangkan kabel hitam (+) disambungkan ke body mesin (ground). Atur selector switch multitester pada posisi 250Volt DC, Perhatikan jarum multitester, apakah dia bergerak ke kanan dan kembali ke awal? Bila jarum multitester bearti CDI motor anda sudah rusak jika pulser dan spul memang masih dalam kondisi bagus.

Langkah untuk memeriksa pulser atau spul, caranya sama seperti pada check CDI. Sambungkan kabel merah(-) multitester ke kabel spul dan kabel hitam (+) ke body mesin. Sebelum menyambungkan multitester ke spul, atur dulu selector switch di 1Volt DC, sebab output spul berada dikisaran 0,7V DC. Perhatikan jarum multitester, bila jarum multitester bergerak bearti kondisi spul motor anda masih bagus.

Demikian artikel mengenai cara CDI pada motor. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Terima kasih .

                   Biaya Fantastis Hobi Samuel Zygwyn
                   Tanda Dan Gejala Phobia 


0 komentar:

Posting Komentar