Selasa, 28 Juni 2016

Pengertian, Kelebihan Motor Injeksi

TEKNOLOGI DUNIAKU


Teknologi berkembang bukan hanya pada perangkat elektronik saja tapi juga pada kendaraan bermotor salah satunya ya sepeda motor yang kita kendarai. Saat ini hampir semua sepeda motor yang ada di pasaran sudah menggunakan teknologi injeksi .

Selain itu juga ada banyak sekali teknologi teknologi terbaru yang disematkan pada sepeda motor saat ini . Sistem teknologi injeksi ini bukan hanya pada sepeda motor saja tapi pada kendaraan roda empat yaitu mobil.  Nah mungkin bagi anda yang masih pemula dengan apa sih itu injeksi bagaimana kelebihan penggunaan injeksi dan apa kekurangannya mari kita lihat ulasan saya dibawah ini secara detail dan lengkap.


Pengertian Motor Injeksi

Injeksi atau orang menyebut dengan istilah FI (Fuel Injection ) adalah suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. 

Sebelum sistem pembakaran menggunakan injeksi ada yang menggunakan karburator. Untuk menjalankan teknologi ini di butuhkan komponen atau perangkat bernama injector yang bertugas yaitu menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi ini adalah teknologi terbaru untuk sistem pembakaran sebelum karburator pada sepeda motor.

Kelebihan Menggunakan Motor Injeksi

Berikut ini beberapa point mengenai kelebihan dan keunggulan jika menggunakan teknologi injeksi pada motor , nah langsung saja simak ulasanya dibawah ini :

1. Pembakaran Pada Sepeda Motor Menjadi Lebih Sempurna

Seperti yang kita ketahui , bahwa jika menggunakan karburator kita harus mensetting AFR (keluarnya bahan bakar dan udara ) harus pass, jika menggunakan injeksi tentunya sudah di kontrol langsung dengan perangkat elektronik dari pabrikan sehingga sudah sesuai standard ,dengan begitu motor yang menggunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan menggunakan karburator. 

Hal ini tentunya disebabkan oleh AFR yang sudah sesuai dengan kebutuhan pada motor yang anda miliki dan otomatis berubah jika terjadi perubahaan suhu udara sekitar karena terdapat sensor udara yang akan menganalisa sehingga suhu dan kondisi udara tersebut akan dicampur dengan bahan bakar.


2. Tidak Repot dan Susah dalam Melakukan Servis

Mungkin anda sudah mengetahui apa saja yang dilakukan untuk melakukan servis rutin…? Dari sekian banyak yang harus dilakukan diantaranya yaitu membersihkan karburator , nah jika anda masih menggunakan sistem pembakaran menggunakan karburator maka hal ini tentunya tidak bisa di tinggalkan tapi jika sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi maka tidak perlu repot repot Untuk membersihkan anda cukup menyemprotkan injector cleaner pada lubang busi dan selesai, untuk pembersihnya sendiri anda bisa beli di toko/bengkel motor tempat anda tinggal.

3. Konsumsi BBM Yang Lebih Irit

Seperti yang sudah banyak di bahas di blog blog atau referensi lain bahwa penggunakan teknologi injeksi ini akan menghembat bahan bakar karena memiliki pembakaran yang lebih sepurna . Pembakaran yang sempurna ini akan sangat berpengaruh pada bahan bakar yang digunakan . Pembakaran yang sempurna juga akan mengoptimalkan kinerja mesin motor sehingga tidak lambat. 

Selain itu juga pada komponen injector biasanya dibekali setelan pemrograman yang sudah sesuai standard pabrikan. Pihak Pabrik sendiri akan menyetel ECM pada motor yang sudah sesuai kebutuhan dan standard akan konsumsi bahan bakar yang di capai lebih optimal dan seirit mungkin.

4. Tidak Harus Repot Repot Melakukan Settingan/Penyetelan

Pada sistem pembakaran yang menggunakan karburator tentunya anda harus melakukan penyetelan agar setelan AFR pass. selain itu jika menggunakan sistem pembakaran karburator biasanya sering terjadi perubahaan setelan AFR yang diakibatkan dari getaran getaran yang dihasilkan oleh mesin motor atau bisa juga kualitas karburator yang sudah semakin menurun karena usia pakai.

Hal ini tentunya tidak akan terjadi pada sistem pembakaran yang sudah menggunakan teknologi injeksi , karena pengolahan AFR sudah di kontrol langsung oleh perintah komputer yang diberinama dengan singkatan ECM atau kepanjangan dari Electronic Control Module. ECM ini sudah memiliki setelan yang pass dan optimal sesuai dengan standard pabrik yang hanya akan bisa diubah apabila menggunakan software khusus pada komputer anda. Hal ini tentunya akan mengurangi kerepotan saat penyetelan karena injeksi sendiri tidak membutuhkan penyetelan yang ribet .

Demikianlah pengertian, kelebihan dari motor injeksi. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar