Jumat, 17 Juni 2016

Penempatan Katup Pada Mesin Sepeda Motor

TEKNOLOGI DUNIAKU



Berbagai    jenis    katup    dapat    pula    dibedakan    dari    cara penempatannya  pada  kepala silinder.  Inovasi  mesin  sepeda  motor dilakukan untuk  mengantisipasi  kecepatan  tinggi, penambahan  tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai inovasi penempatan katup, silahkan dibaca ulasannya selengkapnya ya.
 

Ada tiga macam inovasi katup dari  segi  penempatannya,  yaitu  Katup  Samping  (Side-Valve), Overhead-Valve (OHV) dan Single Overhead Camshaft (SOHC).


1. Katup Samping (SV)

Katup samping (SV) merupakan konstruksi yang paling sederhana dan  ringan  dan  mekanis penggeraknya  ditempatkan  di  samping  katup. Model ini dianggap yang paling tua dan kurang mampu melayani putaran tinggi.


Pada SV atau klep samping, cam dipasang pada poros engkol dan mendorong  keatas  dan menggerakkan  valve.  Valve  terpasang disamping piston sehingga ruang pembakaran lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk hasilkan perbandingan kompresi lebih besar dan mengurangi tenaga mesin. Tipe ini cocok untuk mesin dengan putaran rendah, biasanya dipakai di mesin industri

2. OHV (Over Head Valve)

Katup jenis ini memiliki batang katup yang lebih panjang karena digerakkan oleh poros  cam  yang terletak  sejajar  dengan  poros  engkol.  Gerakan  poros cam  dipandu  oleh  pipa  yang  terpasang kuat  pada  blok  silinder. Katup jenis ini merupakan modifikasi dari katup jenis SV.


Pada  tipe  ini  posisi  klep berada diantara piston dan digerakkan oleh rocker arm. Tipe ini ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat   menghasilkan   perbandingan   kompresi   yang   tinggi   dan tenaga  mesin  menjadi  lebih  besar.  Karena  dilengkapi  dengan batang   penekan   yang   panjang   serta   adanya   rocker   arm menyebabkan  gerakan  balik  lebih  besar  dan  juga  jarak klep dan cam  yang  jauh  menyebabkan  kurang  stabilnya  ia  pada  putaran tinggi

3. SOHC (System Overhead Camshaft)

SOHC Dirancang  untuk  membuat  komponen  sistem  katup lebih  ringan.  Batang  katup digerakkan  bukan  oleh  poros  cam,  yang dianggap  membuat  komponen  lebih  berat,  tetapi melalui  roda  gigi.


Pada  tipe  ini  batang  penekan  tidak  ada,  sehingga  gerakan balik dapat   dinetralisir.   Posisi   cam berada   diatas   silinder   yaitu ditengahnya,   cam   digerakkan   oleh   rantai   penggerak   yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam  berfungsi  untuk menggerakkan  katup  masuk  (IN)  dan  katup buang  (EX),  agar  membuka  dan  menutup  sesuai dengan  proses yang  terjadi  dalam  ruang  bakar  mesin.  Tipe  ini  komponennya sedikit  sehingga pada  putaran  tinggi  tetap  stabil.  Disebut  single over  head  camshaft  karena  hanya menggunakan satu  cam  pada desainnya.  Atau  SOHC  adalah  system  poros  tunggal  di  kepala silinder.

Pada inovasi terbaru ada pula yang digerakkan oleh rantai (cam chain). Inovasi terakhir ini disebut Double Overhead Camshft (DOHC).

DOHC  adalah  sistem  poros  ganda  di  kepala  silinder.  Fungsi DOHC  sama  dengan  SOHC, bedanya  terletak  pada  banyaknya poros  cam  tersebut.  Pada  DOHC  jumlah  poros  camnya  dua, sedangkan  pada  SOHC  hanya  satu.  Pada  tipe  ini  ada  yang memakai  rocker  arm  ada  juga yang tidak  ada.  Klep  masuk  dan klep  buang  dioperasikan  tersendiri  oleh  dua  buah  cam.  

Tipe DOHC yang memakai rocker arm alasannya untuk mempermudah penyetelan  kelonggaran  klep dan merubah  langkah  buka  klep. Tipe ini perawatannya rumit biaya pembuatannya tinggi dan mesin lebih  berat.  Biasanya  dipakai  pada  mesin-mesin  sport  kecepatan tinggi.

Demikianlah informasi mengenai inovasi penempatan katup pada mesin sepeda motor yang ada pada saat sekarang ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya.

0 komentar:

Posting Komentar