TEKNOLOGI DUNIAKU
Pada artikel yang terdahulu saya telah bahas tentang mesin sepeda motor, pada artikel kali ini sebagai kelanjutannya saya akan membahas tentang bagian-bagian yang termasuk pada chasis sepeda motor. Silahkan baca selengkapnya dibawah ini ya
Keterangan gambar :
1. Sumbu kemudi
2. Pipa rangka alas
3. Rangka pipa punggung
4. DuduKan peredam getaran
5. Pipa rangka tengah
6. Dudukan lengan ayun
7. Pipa rangka bawah
Kondisi rangka menentukan kestabilan kendaraan. Jika kondisi rangka tidak sesuai dengan standar ukuran yang sebenarnya, maka akan mengakibatkan timbulnya kerusakan, misalnya: bengkok, patah/retak pada bagian sambungan rangka. Kerusakan sambungan rangka dapat terjadi karena akibat benturan keras (kecelakaan) atau bermuatan yang melampaui batas kemampuan.
Chasis atau rangka adalah salah satu bagian yang penting sekali pada kendaraan , karena rangka ibarat tulang punggung bagi kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Hampir seluruh bagian-bagian penting dipasang pada rangka. Rangka harus dibuat dari bahan yang cukup kuat untuk menahan atau memikul beban kendaraan. Konstruksinya disesuaikan untuk kebutuhan-kebutuhan dalam kegunaanya. Rangka pada setiap kendaraan umumnya mempunyai bentuk yang hampir sama, karena adanya persyaratan tertentu yang harus dipenuhi.
Rangka pada sepeda motor berfungsi sebagai wadah penempatan engine, sistem kelistrikan dan kelengkapan-kelengkapan lainnya serta sekaligus sebagai penyangga penumpang. Bagian rangka juga mencakup komponen komponen lain yang berhubungan dengan fungsi keindahan dan kenyamanan berkendara. Rancangan pembuatan sebuah rangka ditentukan oleh beberapa kepentingan yaitu disesuaikan dengan besar kapasitas mesin (cc) yang dipasangnya, kemudahan penggunaan dari sepeda motor tersebut, dan ekonomis dalam perawatan.
Macam-macam rangka adalah sebagai berikut :
1) Pressed steel
Rangka ini terbentuk dari pelat baja yang seluruhnya dipres (lempengan). Umumnya pada jenis ini mempunyai pola back bone (bentuk tulang punggung).
2) Back bone
Jenis rangka ini dibuat dari gabungan antara pipa dan press steel. Rancangan dasar jenjs rangka ini diutamakan untuk penggunaan pada jenis sepeda motor bebek dan scooter.
3) Tubular pola single cradle
Jenis rangka single cradle memiliki satu buah pipa di bawah (down tube) dan satu buah pipa utama (main pipe) pada bagian depan mesin. Secara struktur bagian-bagian dari rangka ini mengusung posisi dudukan mesin. Penggunaan yang utama jenis rangka ini adalah jenis sepeda motor offroad, jenis on-road, dan tipe sport dengan cc sedang, Disamping mempunyai kekuatan prima, jenis rangka ini juga mudah dalam perawatan.
4) Tubular pola double cradle
Jenis rangka double cradle hampir sama dengan jenis single cradle. Hanya pada jenis ini memiliki dua buah pipa bawah (down tube). Hal ini akan manghasilkan kekuatan sistem rangka. Jenis rangka ini dipakai pada sepeda motor jenis on-road dengan cc besar. Pada tipe tertentu bagian dari down tube dapat dilepas pada saat pemasangan dan melepas mesin.
5) Rangka jenis aluminium
Rangka jenis aluminium mempunyai bobot yang ringan dibandingkan dengan rangka dari besi. Penggunaan pipa segi empat dan empat persegi panjang. Pada jenis ini akan menjadikan rangka semakin kuat dan tahan terhadap tekanan. Bagian-bagian rangka (sub-frame) dapat dilepaskan untuk tujuan memudahkan dalam perawatan. Jenis rangka ini dipakai pada sepeda motor tipe sport.
Inilah 5 jenis rangka pada sepeda motor yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih sudah membaca dan ditunggu komentarnya ya.
0 comments:
Posting Komentar