Minggu, 05 Juni 2016

Cara Menyetel Rantai Motor

TEKNOLOGI DUNIAKU


Salah satu bagian motor yang harus sering dirawat adalah rantai motor karena komponen ini akan bekerja jika motor jalan dan juga fungsinya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda. 


Rantai kendur atau lepas adalah pengalaman menjengkelkan yang sering dialami pengendara, maka penting bagi Anda mengetahui cara menyetel rantai motor Yamaha Vixion, Honda Cbr150r dengan tangan sendiri dan mudah dikerjakan di rumah. Silahkan dibaca ya 



Cara menyetel rantai motor yang benar, yakni dengan menyetel jarak main bebas lengan ayun. Pada umumnya beberapa pabrikan motor memberikan guide atau panduan menyetel jarak main bebas rantai motor sekitar 15 mm – 20 mm (2cm). Supaya cara menyetel rantai sepeda motor ini benar dan pas maka parkir dengan jarak (standard) tengah tengah dan tidak ada beban di atas motor.

Langkah-langkah untuk mengencangkan rantai motor adalah sebagai berikut :
- kendurkan mur as roda belakang memakai kunci ring ukuran 14 dan 17
- putar mur setelan rantai memakai kunci ring 10 dengan arah jarum jam hingga jarak main bebas         rantai terlihat naik-turun atau kencang-kendur 1,5 cm sampai 3 cm. Supaya praktis anda bisa               menggunakan penggaris mistar.
- putar roda bagian belakang untuk mengecek apakah rantai tidak terlalu kencang. Sebaiknya cek juga   setelan rantai kanan dan kiri apakah sudah sama atau belum
- kencangkan kembali mur as roda belakang dengan kunci ring14 dan 17
- supaya lebih sempurna bisa diberikan pelumas oli (chain lube) (optional)

Adapun beberapa penyebab rantai motor kendur arau lepas sbb :
1. Rantai motor yang cepat kendur karena sering digas mendadak (akselerasi ekstrim).
2. Gear rantai yang sudah aus atau termakan 
3. Motor yang sering untuk membonceng yang berlebihan (over capacity)
4. Motor yang tidak dirawat dengan baik dan benar
5. Jalanan yang bergelombang, terjal dan berlubang bisa menyebabkan rantai menjadi kendur 
6. Rantai yang sudah pernah dipotong 

Inilah cara untuk menyetel rantai motor, anda bisa melakukannya dirumah sendiri tanpa harus membawa motor anda kebengkel. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca.


0 komentar:

Posting Komentar