Minggu, 29 Mei 2016

Memilih Ban Motor

TEKNOLOGI DUNIAKU




Ban adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sepeda motor. Bagaimana tidak, motor anda berjalan dengan menggunakan ban ini. Banyak orang yang salah memilih ban untuk motornya, sehingga kadang mengalami mogok karena ban yang sering pecah ataupun yang paling buruk kecelakaan akibat selip. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips memilih ban untuk sepeda motor anda.




Tips untuk memilih ban sepeda motor, yaitu : 

1. Tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaan ban
Apakah anda hanya seorang pemakai motor harian saja atau pemakai harian yang suka touring dan balap? Pemakaian ban untuk dua tujuan ini pastinya berbeda.

2. Tentukan jenis jalan yang sering dilalui 
Ada ban tipe kering yang bisa anda gunakan, jika anda biasanya hanya menggunakan motor anda di dalam kota saja. Apabila anda sering melewati jalanan basah, lebih baik anda menggunakan ban dual purpose, atau jika anda diharuskan melewati jalanan yang belum diaspal dan tidak rata, maka ban off road adalah pilihan terbaik anda.

3. Caritahu mengenai merek ban dan reputasinya
Pada umumnya produsen ban sepeda motor mengelu-elukan produknya sendiri. Tapi anda jangan gampang terpengaruh oleh omongan produsen itu. Menurut saya, pembuktian dari sebuah ban yang memang terkenal baik reputasi dan kualitasnya adalah merek ban yang dipakai oleh para pembalap kelas dunia.

4. Sesuaikan ukuran ban dengan ukuran pelak
Pilihlah ban dengan ukuran yang sesuai dengan pelak motor anda, jangan lebih besar atau lebih kecil. Jika anda memilih ban yang salah, maka cengkraman ban pada aspal akan berkurang ketika menikung dan akan mengancam keselamatan anda dalam berkendara.

5. Perhatikan alur kembangan ban 
Alur kembangan pada ban berguna pada saat melewati jalanan basah. Ada pendapat yang menyatakan bahwa lebih baik jika ban depan itu memiliki alur berpola A, Alur berpola A berfungsi untuk mengalihkan air kesamping ketika melewati jalanan berair, tetapi harus diseimbangkan dengan ban belakang berpola V sehingga anda tidak perlu takut motor anda akan mengalami selip.

Inilah beberapa tips cara memilih ban motor. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, Terima kasih 

Baca juga : 



0 komentar:

Posting Komentar