Jumat, 27 Mei 2016

Cara Check Busi

TEKNOLOGI DUNIAKU



Busi atau dalam bahasa inggrisnya spark plug adalah consumable spare part yang dipakai di motor. Mungkin anda pernah mengalami mogok tiba-tiba karena busi anda bermasalah. Kali ini saya akan membagi sedikit informasi yang saya rangkum dari berbagai sumber mengenai cara mencek busi. Silahkan dibaca dibawah ini



Busi standar

Pertama-tama keluarkan busi dan lihat ujug businya, apabila :


1. Normal 
Warna normal pada busi adalah abu-abu atau merah bata. Jika warnanya abu-abu muda, maka settingan karburator anda terlalu irit bensin. Jika Jika warnanya hitam pekat, bearti settingan karburator terlalu boros mesin.

2. Tertutup kerak
Pemakaian kualitas bahan bakar yang jelek dan pilihan busi yang tidak sesuai bisa menyebabkan kepala busi tertutup kerak seperti karat.

3. Basah 
Apabila pada ujung busi anda basah, ini berasal dari oli yang bocor. Bisa jadi kebocoran oli ini berasal dari mesin anda, ring piston yang goyang, bos klep yang bocor atau seal klep yang bocor karena oli mesin yang terlalu banyak.

4. Rata dengan keramik 
Busi anda sudah habis karena terlalu sering diamplas. Anda harus mengganti yang lama dengan yang baru.

5. Penuh dengan bulu putih
Cairan radiator anda bocor dan masuk kedalam ruang pembakaran mesin.

6. Cacat/rusak
Jarak elektroda yang terlalu jauh atau pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai standar alias dicampur. Cek kondisi bahan bakar yang akan anda beli, jangan sampai tertipu oleh penjualnya.

7. Mengkilap 
Busi basah karena sisa bensin yang tidak terbakar, bisa jadi settingan karburator yang tidak pas alias terlalu boros atau anda salah memilih jenis busi.

8. Meleleh
Busi menyala sebelum waktunya karena nilai oktan bensin yang terlalu rendah atau mesin mengalami overheat (panas berlebihan).

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda : )
Ditunggu komentarnya 

Baca juga : Kisah Si Belalang
                   Mengungkap Karakter Wanita Dari Bentuk Bibirnya
                   Tips Fotografi Untuk Pemula
                   Phobia Ciuman (Philematophobia)
                   Perlombaan Adu Kuat Antara Tentara Amerika, Inggris, Arab dan Indonesia
                   

0 komentar:

Posting Komentar