Kamis, 07 Juli 2016

Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak

TEKNOLOGI DUNIAKU


Mempunyai kendaraan bermotor hendaknya harus mengetahui perawatan yang benar dan juga gejala-gejala permasalahan yang ada pada komponen mesin tersebut hingga mengerti dalam memperbaiki kerusakan yang mucul pada sebuah kendaraan yang kita miliki. 



Pada motor jenis baru biasa tidak dilengkapi dengan kick stater, jadi bagaimana apabila starter anda mengalami masalah? Solusinya mungkin di dorong, yang tentu saja akan merepotkan anda saja. Untuk mengetahui starter motor anda tidak berfungsi anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, biasanya tidak akan ada suara sama sekali apabila tombol starter motor anda di tekan atau ketika di tekan akan menimbulkan bunyi kasar dengan begitu sudah di pastikan starter motor anda mengalami masalah.

Apabila starter motor sudah di tekan namun tidak ada suara sama sekali biasanya di sebabkan oleh aki motor yang lemah. Komponen yang menyebabkan stater motor rusak diantaranya ialah relay starter, baterai, kabel-kabel, dan pada starternya itu sendiri.

Dan untuk menghindari kerusakan pada stater motor kita wajib melakukan pemeriksaan secara berkala,namun tidak hanya memeriksanya saja, anda juga wajib tau bagaimana cara memperbaiki starter yang mengalami masalah. Dan berikut adalah tips dan trik cara memeriksa dan memperbaiki stater motor :

1. Memeriksa Aki/baterai

Periksalah komponen aki/baterai motor anda, aki ini berperan sangat penting dalam kelistrikan termasuk untuk stater itu sendiri. Pengecekan baterai dilakukan ketika tombol stater yang anda tekan tidak ada respon sama sekali. Anda bisa mengecek baterai menggunakan avo meter, tegangan baterai yang masih bagus yakni memiliki daya 12 volt, namun apabila daya baterai kurang dari 12 volt mungkin pada sistem pengsian baterai bermasalah atau baterainya yang rusak sehingga harus menggantinya dengan yang baru.

2. Periksa Rangkaian Starter

Apabila aki motor anda baik-baik saja mungkin permasalahannya terletak pada rangkaian akinya itu sendiri, jadi anda periksalah rangkaian aki secara seksama. Rangkaian aki biasanya meliputi kabel-kabel, soket, dan tombol starter yang kotor. Periksalah dengan teliti apabila ada salah satu rangkaian aki yang rusak anda bisa memperbaiki maupun menggantinya yang baru.

3. Periksa Relay Starter

Relay starter berperan sebagai saklar dalam memutus dan menyambungkan arus listrik yang tinggi dari aki ke motor stater. Mengecek relay starter dengan cara menyambungkan kedua kabel plus dan min (+,-), apabila terdengar suara cetak berarti bagus. Namun apabila tidak terdengar suara cetak mungkin berdik mengalami kerusakan, dan harus menggantinya.

4. Cek Motor Starter (Dinamo)

Cek motor starter memakai multimeter yakni probe (+) di sambungkan ke motor starter, sedangkan probe (-) anda sambungkan ke massa. Lalu anda tekan tombol starternya, lihat ada arus yang mengalir atau tidak, apabila tidak berarti dinamo motor anda mati yang disebabkan brush aus atau ada kumparan yang terputus. Misalkan brush yang aus anda bisa menggantinya, namun apabila spull (kumparan) yang terputus anda bisa bawa ke tukang servis.

Demikian cara memperbaiki starter motor anda. Terima kasih dan semoga bermanfaaat.

Baca juga : Orang Kreatif Itu Langka 

0 komentar:

Posting Komentar